Endorsement (atau yang biasa disebut endorse) secara makna memiliki kesamaan dengan paid promote, yaitu sama-sama mempromosikan produk barang / jasa.

Secara signifikan perbedaan endorse, dimana yang punya produk / yang jualan (pengiklan) akan mengirimkan produk dagangannya secara langsung ke influencer baik itu secara cuma-cuma (barter produk) atau berbayar, tergantung dengan kesepakatan atau penawaran.

Nantinya, influencer akan me-review, memberikan testimoni atau pengalamannya melalu akun sosial medianya (seringnya instagram) setelah menggunakan produk Anda.

Untuk endorse sendiri, terkesan lebih soft selling jika dibandingkan dengan paid promote.

Pada umumnya, yang membuka jasa endorse adalah akun-akun sosial media yang memiliki pengikut dalam jumlah besar, mulai ribuan, puluhan ribu, ratusan ribu, hingga jutaan pengikut.

Yang perlu Anda amati, tentunya tidak hanya followernya besar juga, pastikan kamu sudah survei terlebih dahulu terkait tingginya respon komentar dari pengikut terhadap setiap postingan oleh influencer, kesesuaian target market dari follower yang dimiliki oleh Influencer hingga kecocokan produk jika direkomendasikan atau digunakan oleh influencer tersebut.

Paid Promote atau dalam bahasa Indonesia berarti Promosi Berbayar. Istilah ini sangat familiar di Instagram.

Cara kerjanya, pemilik produk (pengiklan) membayar sejumlah uang agar konten promo produknya dapat dipromosikan di akun instagram milik penyedia jasa paid promote tersebut.

Tugas penyedia jasa paid promote hanya memposting gambar atau video promosi di akun instagram miliknya. Konten di gambar atau video promosi dibuat oleh pengiklan.

Penyedia layanan jasa paid promote biasanya adalah akun-akun Instagram yang memiliki pengikut (follower) yang banyak, mulai ribuan, puluhan ribu, ratusan ribu hingga jutaan pengikut.

Pada intinya, tugasnya sama-sama mempromosikan. Hanya saja untuk endorsement, pada umumnya konten dibuat oleh influencer, dimana kita memberikan sebuah produk untuk diulas atau dipakai lalu dibuat konten dan diposting di akun sosial medianya.

Sedangkan Paid Promote, Anda menyiapkan beberapa konten untuk diposting di kanal sosial media yang memiliki banyak traffic dan pengikut dan membayar sesuai dengan tarif yang ditawarkan oleh influencer.

Endorsement atau Paid Promote, manakah yang lebih efektif ?

Semua tergantung dari strategi atau konsep jualan kamu, karena beda produk dan momen sudah beda pula hasilnya. Pada dasarnya endorsement ini lebih cocok untuk soft selling, dimana seakan-akan influencer merekomendasikan produk Anda dan mengajak pengikutnya untuk mencobanya juga.

Sedangkan untuk paid promote, ini lebih cocok ke informasi yang to the point. Hard selling, dimana influencer hanya melakukan posting dari konten yang telah anda sediakan dan menerima sejumlah bayaran. Biasaya ini lebih dipakai untuk info promo diskon, event dan lain sebagainya.

Tentunya semuanya tergantung kepada jenis dan konsep promosi yang Anda lakukan. Terima kasih